Tips Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Penggunaan internet tentu saja sudah menjadi hal yang wajib bagi para pengguna smartphone maupun tablet. Semua aplikasi baik sosial media maupun aplikasi chatting lainnya menggunakan akses internet agar bisa terus terhubung.

Bagi para pengguna wifi mungkin penggunaan internet tidak terlalu menjadi masalah karena bandwidth yang diberikan oleh provider biasanya adalah unlimited.

Namun bagi pengguna Paket Internet biasa tentu saja kita harus pintar-pintar untuk mengatur penggunaan data agar biaya bulanan internet kita tidak membengkak.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk kamu yang ingin menghemat kuota di smartphone Android..

 

1. Menonaktifkan otomatis update Playstore

Cara yang pertama adalah dengan menonaktifkan otomatis update aplikasi di Playstore. Biasanya pada settingan default, otomatis update akan menyala. Nah untuk menonaktifkannya cukup mudah, silahkan buka aplikasi Google Playstore dan pilih Setelan -> Update Aplikasi Secara Otomatis -> lalu pilih Jangan Update aplikasi secara otomatis.


2. Mengaktifkan Data Saver pada Browser

Tentu penggunaan internet tidak lepas dari penggunaan browsing. Dengan browsing di internet, kita bisa menemukan informasi-informasi yang sekiranya kita butuhkan. Namun perlu diketahui bahwa untuk meload suatu website, terkadang membutuhkan penggunaan data yang besar. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menggunakan fitur data saver pada Browser. Androinfo sendiri merekomendasikan browser Opera Mini dan UC Mini Browser untuk manajemen data yang baik.

Baca juga: Cara Mudah Membuka Situs Yang Diblokir Di Android

3. Menurunkan kualitas Video saat Streaming

Saat melakukan streaming, tentu saja kualitas gambar berpengaruh terhadap penggunaan data yang dikeluarkan. Beberapa aplikasi streaming seperti Netflix dan Youtube adalah salah satu contoh aplikasi streaming video yang populer dan banyak diakses saat ini. Untuk menghemat kuota kita hanya perlu menurunkan kualitas video menjadi 320p atau 240p. Sedikit tambahan untuk pengguna Youtube saat ini bisa menggunakan aplikasi Youtube Go untuk lebih menghemat penggunaan data.

4. Membatasi Penggunaan data dibelakang layar

Terkadang aplikasi yang kita instal mempunyai kebiasaan penggunaan data yang besar meskipun aplikasi tersebut sedang tidak dibuka/digunakan. Tentu saja hal ini bisa menjadi sebuah pemborosan apabila terus berlangsung. Nah cara mudah mengatasi nya adalah dengan masuk ke Setting -> Penggunaan Data -> Penghemat Data. Silahkan diaktifkan dan tambahkan aplikasi yang akan dibatasi penggunaan internet nya.


5. Menonaktifkan fitur Auto-Play Video

Pada beberapa aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter terdapat fitur Auto Play video dimana video yang terdapat di timeline akan otomatis terputar tanpa kita mengklik play. Jika fitur ini diaktifkan ini akan lumayan menguras penggunaan data kita. Menonaktifkannya juga sangat mudah, silahkan masuk ke masing-masing aplikasi sosial media dan nonaktifkan pada fitur Auto-Play Video.

Sangat mudah bukan untuk menghemat penggunaan data Internet kita pada smartphone Android. Tentu saja agar lebih efektif kita harus sering-sering melihat penggunaan data dari masing-masing aplikasi pada ‘Data Usage’. Disana kita bisa mengontrol dan melihat aplikasi mana saja yang menghabiskan banyak kuota Internet.

Share.

Leave A Reply